Minggu, 27 Mei 2012

Geografi Soal dan Jawab


GEOGRAFI
SOAL DAN JAWAB
1.      Gambarkan relief muka bumi daratan!
·         Jawab :
2.      Identifikasikan tiga tenaga endogen!
·         Jawab :
1.      Vulkanisme
Vulkanisme yaitu peristiwa yang sehubungan dengan naiknya magma dari dalam perut bumi. Magma adalah campuran batu-batuan dalam keadaan cair, liat serta sangat panas yang berada dalam perut bumi. Gejala vulkanisme dimulai dari magma akan menerobos lempeng benua di atasnya melalui celah atau retakan atau patahan dan terbentuklah gunung api.         
2.    Seisme (gempa bumi)
Gempa bumi adalah getaran kerak bumi yang disebabkan oleh kekuatan-kekuatan dari dalam bumi. Bila tumpukan energi di daerah penujaman demikian besar, energi tersebut akan mampu menggoyang atau menggetarkan lempeng benua dan lempeng samudera di sekitarnya. Goyangan atau getaran ini disebut gempa bumi.
3.      Tektonisme
Tektonisme adalah proses yang terjadi akibat pergerakan, pengangkatan, lipatan dan patahan pada struktur tanah di suatu daerah.
Gejala tektonisme dimulai dari tekanan ke atas dari magma, gerak lempeng, dan energi yang terkumpul akan mampu menekan lapisan kulit bumi sehingga terjadi perubahan letak atau pergeseran kulit bumi. Akibatnya, kulit bumi bisa melengkung (disebut lipatan) atau patah (disebut patahan).

3.      Deskripsikan tiga jenis gempa bumi berdasarkan terjadinya!
·         Jawab :
1.  Gempa Vulkanis
Gempa yang disebabkan oleh letusan (erupsi) gunung api . Gempa ini hanya dirasakan oleh penduduk yang tinggal di sekitar gunung yang meletus.  Terjadinya akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus.
2.  Gempa Tektonik
Gempa yang terjadi karena pergeseran lapian kulit bumi. Lapisan kulit bumi yang bergeser menyebabkan getaran. Disebabkan oleh lepasnya energi potensial yang terdapat di dalam lapisan kulit bumi. Tempat- tempat yang sering dilanda gempa bumi tektonik adalah daerah-daerah yang terletak pada zona subduksi (didekat penunjaman lempeng samudra yang menyusup ke bawah lempeng benua).
3.  Gempa runtuhan atau terban
Gempa yang disebabkan oleh runtuhnya gua kapur dan tahan longsor.

4.      Terangkan tanda-tanda terjadinya gunung apai akan meletus!
·         Jawab :
Tanda-tanda terjadinya gunung meletus :
1)      Suhu disekitar kawah naik
2)      Banyak sumber air disekitar gunung itu mengering
3)      Sering terjadi gempa (vulkanik)
4)      Sering terdengar suara gemuruh dari dalam gunung
5)      Banyak binatang yang menuruni lereng gunung

5.      Apakah akibat yang ditimbulkan oleh tenaga eksogen?
·         Jawab :
1).  Bentuk muka bumi beraneka ragam ,seperti dataran rendah, perbukitan, pegungan, dataran tinggi, serta gunung-gunung yang tinggi dan bersalju.
2). Dataran rendah di pesisir laut daerah tropis ,seperti Indonesia sangat cocok untuk budidaya perikanan , seperti pertambakan, perikanan laut, dan budi daya rumput laut.
3). Di daerah rendah terdapat lahan-lahan pertanian yang subur sehingga di daerah itu muncul berbagai kebudayaan dan peradaban yang tinggi.
4). Didaerah pegunungan dan dataran tnggi , yang subur udaranya sejuk , sangat cocok untuk usaha berbagai tanaman hias, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar